Kegiatan Puasa? Pehatikan Tujuannya

Kamis, 07 Mei 2020



 Canva with redesign


Bismillah.

Ide kegiatan saat puasa? Temukan dulu tujuan puasa. 

"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." Q.S Al Baqarah; 183.


Karena itu syarat kegiatan dalam bulan Ramadhan adalah kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan ketakwaan.


Apakah takwa? 

Iman An-Nawawi mendefinisikan takwa dengan "mentaati perintah dan laranganNya". Maksudnya menjaga diri dari kemurkaan dan adzab Allah Subhanahu wa Ta'ala. Hal itu sebagaimana didefinisikan oleh Imam Al-Jurjani "Takwa yaitu menjaga diri dari siksa Allah dengan menta'atiNya. Yakni menjaga diri dari pekerjaan yang mengakibatkan siksa, baik dengan melakukan perbuatan atau meninggalkannya.

Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, "Takwa adalah seseorang beramal ketaatan pada Allah atas petunjuk  cahaya (petunjuk) dari Allah karena mengharap rahmat-Nya dan ia meninggalkannya maksiat karena cahaya (petunjuk) dari Allah karena takut siksa-Nya. Tidaklah seseorang dikatakan mendekatkan diri pada Allah selain dengan menjalankan kewajiban yang Allah tetapkan dan menunaikan hal-hal yang sunnah.

Atau kalau ikuti ceramah ustadz Khalid Basalamah, takwa itu patuh. Ringkasnya memang begitu, bukan? Patuh pada Allah. Patuh mentaati perintah-Nya, patuh menjauhi larangan-Nya.

Jadi sebelum menentukan ide, pahami dulu dua hal tersebut: tujuan (perintah) puasa dan arti takwa.

Merintang-rintang waktu, mengisi hari saat puasa yang paling baik adalah kegiatan sebagaimana dicontohkan orang-orang shalih terdahulu. Kalau kita adaptasi untuk saat ini menurut saya sangat memungkinkan. Bulan puasa di masa karantina nasional atau PSBB sangat memudahkan kita untuk melakukan hal-hal yang di saat normal kita tidak mudah melakukannya. Tidak mudah karena kesibukan yang penuh dan melelahkan serta sangat menyita waktu. Kalau sudah begitu, wis..., tidak ada peluang untuk hatta sekedar dzikir melafadzkan asmaul husna atau shalawat saja.

Nah, di saat tidak normal saat ini kita bisa lebih leluasa untuk itu. Bekerja dari rumah juga memperingan kita untuk melakukan ibadah sunnah seperti sholat dhuha ataupun tilawah.

Banyak hal yang bisa dilakukan dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Apa saja? Untuk ini maka menjadi urgent bagi kita untuk mengetahuinya. Taklim atau belajar, mencari ilmu itu kata kuncinya.

Pada masa-masa seperti sekarang sesungguhnya tidak ada halangan sedikit pun untuk mencari ilmu. Kajian melalui youtube, ikuti kelompok kajian melalui instagram atau pun facebook mudah untuk dijalankan. Niat kita saja yang harus diperkuat. Cari teman atau lingkungan yang bisa bikin semangat dalam mendekatkan diri kepada Allah dengan jalankan perintah-Nya dan jauhi larangan-Nya.





Terima kasih sudah membaca 😊




























Posting Komentar