Salam Di Bulan Oktober

By Yuniar Djafar - September 30, 2019

Foto: Michael dari www.pexels.com

Assalaamu'alaykum,

Alhamdulillah, sudah masuk di bulan Oktober atau bulan Shafar untuk kalender Hijriah. Pada bulan September kita diingatkan peristiwa bersejarah pengkhianatan G30S PKI, peristiwa kelam dalam sejarah bangsa kita. Semoga Allah melindungi kita dari segala sesuatu yang bisa membuat terulangnya tragedi tersebut. Dan pada bulan September tahun ini catatan menyedihkan kembali tertoreh dengan adanya bencana dan musibah, mulai dari kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan, kerusuhan di Papua, korban demonstrasi mahasiswa hingga gempa di Ambon. 


Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah mengampuni sebagian (besar dari kesalahan-kesalahanmu). Q.S Asy Syura; 30.
Dan bila itu terjadi penawarnya hanyalah taubat. 
"Ali bin Abi Thalib, radliyallahu 'anhu, berkata," Tidaklah musibah tersebut turun  melainkan karena dosa. Oleh karena itu tidaklah musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat." Al Jawabul Kaafi hal 87.

Allahummarzuqni taubatannasuha qoblal maut (Ya Allah karuniakan untukku  rizqi taubatan nasuha sebelum wafat). Sebab taubat tidak akan berarti apa-apa jika nyawa sudah sampai di kerongkongan saat sakaratul maut, "Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka (barulah) ia mengatakan: Sesungguhnya aku bertaubat sekarang...". Q.S An Nisa (4); 18. 

Contoh nyata tentang tertolaknya taubat saat sakaratul maut adalah taubatnya Fir'aun sebagaimana difirmankan Allah dalam Al Qur'an surat Yunus (10); 90-91. "Dan Kami selamatkan bani Israil melintasi laut, kemudian Fir'aun dan bala tentaranya mengikuti mereka untuk menzhalimi dan menindas (mereka). Sehingga ketika Fir'aun hampir tenggelam dia berkata: Aku percaya  bahwa tidak ada tuhan melainkan tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang-orang muslim (berserah diri). Mengapa baru sekarang (kamu beriman), padahal sesunguhnya engkau telah durhaka sejak dahulu dan engkau termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan?"

Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bersegera pada taubatan nasuha dan diterimanya taubatan kita oleh Allah. 

Untuk Oktber ini semangat, ya!  Yuk, saling dukung untuk jadikan hari-hari kita supaya lebih baik dari pada bulan lalu! 😊

Wassalaamu'alaykum. 










Sumber:
www.rumaysho.com
www.islampos.com


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar