Tren Hijab 2021?

By Yuniar Djafar - Desember 24, 2020

 Bismillah.

Subhanallah, tak terasa hari-hari ini kita sudah di penghujung tahun 2020. Tujuh hari lagi, in sya Allah kita akan memasuki tahun 2021. Jika ada yang bertanya, "Apa yang kau harapkan dari perubahan tahun ini?" Saya jawab, "Usainya pandemi!"

Pandemi Corona ini nyaris menghabiskan tahun 2020 dengan kecemasan, kengerian, keterombang-ambingan. Di awal-awal masuknya virus ini saya sempat berharap Surabaya tidak separah ibu kota Jakarta. Alasan saya kota kelahiran saya ini tidak sepadat Jakarta. Ternyata saya naif, Surabaya ini bahkan sempat mengalami zona hitam. Entah zona apa sekarang, saya tidak peduli. Berita simpang siur, tarik ulur pemerintah daerah dan pusat, antara walikota dan gubernur, antara pemerintah provinsi dan kementrian kesehatan menurut saya hanya membuat bingung. Saya memutuskan untuk fokus lakukan doa dan upaya. Doa sebanyak-banyaknya, upaya sekuat-kuatnya untuk memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan menjaga imunitas tubuh.

Aduh, jadi ngomongin pandemi, ya..., padahal saya mau bahas perjalanan hijab 2020 jelang 2021. Hihihi... 

Pandemi memang, subhanallah dahsyat... Eit, ngomongin pandemi lagi. Tapi tidak, tidak... Maksud saya begini, pandemi ini memang hebat sampai membuat segala sesuatunya berubah bahkan esktrem. Saya sempat menduga tren hijab pada 2020 ini salah satunya adalah bahwa hijab instan syar'i akan menjadi playful ternyata tidak terjadi. Saya contohkan saat itu dengan peluncuran desain hijab Sisesa pada awal tahun lalu. Klik ini, ya, buat yang ingin lebih jelas.  Ya, Covid 19 membuat banyak orang berubah. Berubah bagaimana? 

Hijab Siap Pakai (Instan)

1. Orang menjadi cenderung memilih yang sederhana dan lebih sederhana lagi.

Karena itu baik bergo atau khimar yang siap pakai semakin disukai. 

Foto Koleksi Hijab Estyle


2. Semakin rumahan.

Pandemi membuat orang fokus di rumah, lebih banyak melakukan kegiatan di rumah seperti bekerja, berkarya dan belajar di rumah. Tidak mengherankan mereka memutuskan untuk menggunakan hijab dengan panjang yang secukupnya untuk menutupi aurat. Dan hal ini terbawa hingga saat mereka ke luar rumah.


Foto Instagram @nenasabiqahijab


3. Semakin ingin ringkas.

Tahun 2019 adalah puncak dominasi hijab berlapis, panjang beralun. Namun pemakaian hijab ini mengalami penurunan yang nampaknya signifikan pada tahun 2020. Saat ini penggunaan hijab berlapis masih ada namun biasanya maksimal dua lapis. Hijab dengan lapisan bahkan mencapai tiga, flowy dan panjang di tempat-tempat umum semakin jarang ditemukan. Ada sih, ada tapi sangat jauh berkurang. Bandingkan dengan yang terjadi pada tahun 2019 dan sebelumnya, orang-orang seperti berlomba memanjangkan bagian belakang  hijab, bahkan ada yang hingga menyentuh betis. 

4. Kemunculan hijab bertali ikat ke belakang yang tiba-tiba hype.

Hijab bertali belakang tiba-tiba muncul dan langsung menarik perhatian, terutama muslimah usia muda. Mereka yang berusia sekolah hingga dewasa muda nampak menikmati hal ini. Ini biasanya jamak dipakai untuk mukena tapi kini muncul pada hijab. Sebenarnya tidak praktis, ya, tapi mereka melihat ini bukan masalah. Tali yang menjuntai di belakang memang menghasilkan kesan ceria, mungkin ini yang membuat mereka enjoy. Bisa jadi hal ini pula yang menggerakkan label DOA miliki Dewi Sandra untuk hadirkan baiti series dengan dua ukuran regular dan full khimar (syar'i). 

Foto Instagram @doa.indonesia


5. Penggunaan bahan kain dan bahan stretchy menjadi berimbang.

Memang ada bahan kain yang stretchy tapi yang saya maksudkan sebagai bahan stretchy adalah bahan yang sepenuhnya mulur, atau full stretched. Bahan seperti ini sempat "habis" digeser oleh munculnya bahan kain--terutama kain dengan tekstur berpasir--bersamaan dengan maraknya model hijab yang ditasbihkan sebagai khimar oleh produsennya. Bahan jersey yang datang setelah penggunaan spandex pada era kejayaan bergo, saat ini ternyata kembali dipilih. 

6. Hijab siap pakai polos vs hijab siap pakai motif. 

Hijab siap pakai motif mulai dilirik pada sekitaran tahun 2015 hingga semakin menguat pada 2019. Saat pandemi semakin tidak terprediksi semakin banyak orang seperti kembali merasa nyaman mengenakan hijab polos. 

Foto Instagram @hijabalilasemarang


7. Hijab siap pakai dengan potongan (cutting) di leher tetap "tiarap".

Hijab yang dipelopori oleh label Rabbani dan booming pada tahun 2000 ini pernah "menyapu habis" model-model hijab sebelumnya. Nyaris saat itu hampir semua orang mengenakan hijab dengan pola dan potong di leher. Model hijab ini mulai surut dengan kehadiran hijab yang dinamai Hijab Syiria yang kemudian berlanjut bersama dengan kecerdasan yang dimiliki oleh label Sisesa hingga booming pada tahun 2015. Tahun 2020 menjadi tambahan tidur panjang untuk hijab dengan potongan di leher ini.

Sedangkan untuk hijab segi empat saya melihat tidak ada perubahan.

Hijab Segi Empat

Foto Instagram @vanillahijab


1. Pemakaian hijab segi empat-kubus atau square tetap dipilih.

Orang-orang masih mengenakannya karena mereka masih membutuhkan penampilan simple chic untuk urusan pekerjaan atau acara yang bersifat formal-semi formal. Berkaitan dengan ukuran, sepertinya pemilihan ukuran 1.1m/1.15m  lebih mendominasi dibandingkan ukuran lainnya yang lebih lebar. Mengenai motif atau poloskah yang lebih disukai, untuk jenis hijab ini sepertinya seimbang. Sedangkan trend motif tidak bisa ditandai kekhasannya dalam artian masing-masing produsen pemilik label memiliki kecenderungan tersendiri dan pasar tidak loyal dalam menentukan pilihannya berdasar kekhasan motif.

Pada tahun 2020 sempat muncul penawaran hijab segi empat-kubus berupa penyelesaian dengan teknik lasser cutting untuk tepi hijab. Meski sempat mendapat respon positif, penyelesaian teknik laser ini tidak sampai booming

2. Pashmina stagnan.

Masih ada yang mengenakan pashmina, yaitu hijab dengan bentuk empat persegi panjang, baik dengan model yang siap pakai ataupun tidak tapi bila dibandingkan dengan pemakai hijab square, pemakai pashmina masih jauh di bawahnya. Uniknya para pemakai pashmina ini nyaris tidak ada yang memilih pashmina motif. 

Apakah semua yang saya sebutkan di atas ini akan terus berlangsung pada 2021? Kuncinya ada pada pandemi. Jika pandemi masih terus berlangsung sepertinya tren hijab yang terjadi pada 2020 berpeluang untuk berlanjut pada 2021. Akankah kehadiran vaksin yang saat ini jadi bahan pembicaraan, berpengaruh pada tren hijab 2021? Let's see.

Wallahu a'lam.




 


 


 

  • Share:

You Might Also Like

19 komentar

  1. Adem liatnya kalo liat wanita berhijab hehe

    BalasHapus
  2. Semakin kesini model hijab jadi semakin ringkas ya mbak, alhamdulillah, makin berkurang model lilit-lilit kayak jaman dulu, hehe. Bahkan untuk memadukan setelan kebaya pun orang-orang sekarang prefer hijab segiempat yang dibuat rapi saja begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, betul. Bikin sederhana jalan menuju bahagia, ya. Hhh... Terima kasih,mbak Indah. Jazakillah khayra.

      Hapus
  3. Klo buat kerja, sesekali piket/wfo, harus tetap yang segi empat polos. Eh, aku gak ngerti kalimat terakhir, apa hubungannya vaksin dengan hijab, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, maaf aku lupa kalau sudah nulis itu. Begini maksud saya mbak Hayatilah. Tengara saya tren hijab ringkas saat pandemi ini menurut saya dipengaruhi oleh keinginan pemakai hijab untuk menyederhanakan hidup yang sudah ribet karena pandemi. Mereka berjaga-jaga, khawatir kalau-kalau hijab mereka menjadi tempat mendaratnya droplet atau percikan mengandung virus tanpa diketahui. Eh, saya terlalu jauh, ya?

      Hapus
  4. Suka yang ringkas dan bisa langsung dipakai sholat.emang ya mba karya2 hijab orang indonesia emang keren dan selalu inovatif. Temen dari aljazair sampai terpesona dengan model2 jilbab indonesia. Bravo untuk industri busana muslim indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar. Alhamdulillah. Indonesia memang hebat tapi memang ada yang musti kita lakukan lebih intens lagi agar orang-orang di seluruh dunia tau kalau kita benar-benar hebat. Apa itu? Yuk, cari sama-sama.

      Hapus
  5. wah terima kasih, mbak. info trend baru-nya. hijab dengan tali ke belakang memang sedang trend lagi ini, padahal dulu juga sempat trend sih. tapi memang sekarang lebih beragam aja. apalagi ada yang bermotif. Jadi kelihatan semi resmi tapi tetap trendi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Bening, betul. Terima kasih, Bening, jazakillah khayra.

      Hapus
  6. terimakasih untuk tulisannya saya jadi update nih tren hijab terkini. Kalau membaca ulasan mbak, kain segiempat selalu ada penggemarnya dan tetap jadi andalan ya seramai apapun bergantinya tren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, untuk pilihan warna banyak orang bilang: black is never failed. Na, kalau hijab: square is never failed.

      Hapus
  7. Aku baru kenal sisesa 2019 dong mbaa hahahaha tp ga pernah beli jg hihihi... Tak sampai kantong 😂😂
    Tp dr dulu smp skrg aku tim kerudung segi empat buat acara apapun kecuali di rumah 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaahh, sisesa tak semua orang bisa pakai karena harganya... Saya juga begitu. Wah, ini hati yang terbelah namanya: di rumah dan di luar rumah beda. Tapi banyaak kok, yang terbelah kayak gitu. Hhh...

      Hapus
    2. Hahaha iya mba.. Soalnya kalo mau siram taneman aja harus pake segi empat repot juga kaan 😄😄😄

      Hapus
  8. Pashmina sama segiempat emang paling simpel dan trendi menurutku. Tapi yang macem khimar gitu juga simpel huat sekedar ke warung, gampang pakenya~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyenangkan melihat anak-anak muda sekarang justru memilih yang sederhana. Inilah kesamaan antara generasi saya dengan generasi Ori, sama-sama menyukai yang sederhana. Bedanya, saya dan generasi saya bilang yang sederhana itu ya, yang blusukan, tinggal slupp...kayak bergo gitu. No pin, no pentul. :D

      Hapus
  9. Kalau keluar rumah pengennya lebih simpel ya jarang berdandan ria jadinya pilih yang instan dan polos biar lebih sederhana..aku tetap tim hijab segi empat hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak Dew. Pendukung keras hijab segi empat kayak Ori, ya. Kalau sudah gini saya cuma bisa dukung: hidup hijab segi empat! Hihihi...

      Hapus